4 Tanda-tanda Orang Kepribadian Ganda

Mengetahui kepribadian ganda – Salah satu gangguan psikologis yang dialami seseorang adalah termasuk kepribadian ganda. Seseorang yang memiliki gangguan tersebut akan memiliki dua atau lebih kepribadian, bahkan mungkin akan ada kepribadian yang saling bertolak belakang. Banyak tokoh terkenal telah mengidentifikasikan diri mereka sebagai seseorang yang memiliki lebih dari dua atau tiga kepribadian sekaligus.

Gangguan ini dalam psikologi disebut juga sebagai Dissociative Identity Disorder atau disingkat DID. Meskipun di Indonesia kasus ini belum populer, tidak ada salahnya kamu mengetahuinya untuk menjaga diri maupun menolong teman kamu.

Definisi kepribadian ganda

kepribadian ganda

Kepribadian ganda merupakan macam-macam kepribadian yang dimiliki oleh seseorang, termasuk kepribadian asli yang ia perlihatkan kesehariannya. Kondisi ini merupakan kondisi langka dan gejalanya hampir menyerupai schizophrenia.

Salah satu penyebab terjadinya gangguan ini adalah adanya trauma di masa lalu. Selain itu, kehilangan memori juga memicu terjadinya kepribadian lain yang muncul. Ini merupakan kondisi berat. Untuk itu, perlu untuk mengetahui tanda-tandanya terlebih dahulu untuk penanganan yang lebih tepat.

Tanda-tanda orang memiliki kepribadian ganda

kepribadian ganda

Ada gejala yang biasanya ditunjukkan oleh orang yang memiliki gangguan ini.

Tanda pertama adalah penderita merasakan adanya perubahan pola pikir, tingkah laku dan kepribadian yang sering berubah-ubah. Bahkan pola perilaku yang berlawanan bisa terjadi dalam kurun waktu yang sangat dekat. Hal ini bisa dipicu karena kehilangan ingatan yang juga sering datang secara tiba-tiba.

Jika kamu mempunyai kepribadian ganda, kamu akan merasakan sakit ketika kepribadian yang satu beralih ke kepribadian yang lain. Sakit yang dirasakan adalah sakit secara fisik.

Mudah depresi dan mempunyai ego yang tinggi juga bisa menjadi pertanda seseorang mengalami kelainan psikologis ini. Ada pula seseorang terlihat seperti plin-plan dan mengalami gejolak batin. Ketakutan memutuskan sesuatu tanpa hal yang jelas juga menjadi pelengkap tanda-tanda adanya gangguan ini.

Tanda paling mencolok pada orang yang memiliki kepribadian ganda adalah penderita sering lupa mengenai siapa dirinya yang sebenarnya.

Namun, untuk mendiagnosa gangguan ini tidaklah hanya berdasarkan tanda-tandanya saja, perlu analisis lebih lanjut yang hanya bisa dilakukan oleh psikolog. Umumnya, gangguan ini jarang terjadi pada orang dewasa. Kepribadian ganda juga bisa terjadi ketika seseorang memiliki gangguan psikologis lainnya.

Baca juga;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *