Inilah Sejarah Renang di Dunia Yang Menarik Untuk Diketahui

Mengetahui Sejarah Renang – Renang merupakan salah satu kegiatan olahraga yang dilakukan di dalam air. Olahraga dalam air inilah yang selalu disenangi oleh kebanyakan orang. Sambil berolahraga, setiap orang pun bisa dengan leluasa bermain air. Berenang memang selalu menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Baiklah pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang sejarah renang yang terjadi pada zaman dahulu.

Renang merupakan sebuah olahraga pelatihan pernapasan dengan menggerakan seluruh bagian tubuh di dalam air. Olahraga renang mempunyai tujuan sebagai kegiatan olah tubuh sekaligus sebagai kegiatan rekreasi.

Kegiatan ini bisa dilakukan di tempat terbuka maupun tertutup. Apabila seseorang telah terlatih dalam berenang, mereka bisa melakukannya di tempat air terbuka seperti laut, sungai dan pantai.

Sejarah Renang Pada Masa Lampau

Sejarah Renang
# Sejarah Renang

Olahraga renang ternyata sudah dilakukan oleh bangsa Mesir Kuno terdahulu. Hal tersebut dibuktikan dengan ukiran-ukiran tua tentang perenang yang ditemukan di Gua Perenang di Wadi Sora, Gilf Kebir, Mesir. Pada abad 2000 SM, catatan tertua dari bukti olahraga renang di temukan di sana. Dengan penemuan bukti tersebut akhirnya seorang professor bahasa Jerman membuat sebuah buku mengenai sejarah renang pada tahun 1538. Buku tersebut ia beri judul “Perenang atau Dialog Mengenai Seni Berenang”.

Pada tahun 1800an, olahraga renang telah mulai digunakan dan diperlombakan di Eropa. Di negara bagian Eropa, hampir semua perenang selalu menggunakan gaya dada dalam perlombaan. Dan pada sekitar tahun 1873, gaya renang baru pun mulai bermunculan. Perkembangan sejarah renang semakin pesat dari tahun ke tahun, dan pada tahun 1896an olahraga renang mulai dijadikan sebagai ajang perlombaan olah raga di Olimpiade Athena.

Berhasil dengan ajang Olimpiade Athena, akhirnya terbentuklah sebuah organisasi renang yang diberi nama Federation International de Natation (FINA) khusus bagi para perenang handal. Mulai saat itulah perlombaan renang di berbagai negara mulai sering diadakan. Dulunya hanya ada beberapa gaya berenang yang boleh dipakai dalam perlombaan, antara lain:

  1. Berenang Gaya Bebas

Gaya bebas merupakan sebuah gaya berenang dengan posisi dada berada di permukaan air, dan dengan bantuan kedua tangan yang bergantian bergerak ke depan dan ke belakang.

  1. Berenang Gaya dada

Gaya dada merupakan gaya berenang yang sangat populer pada masa kejayaan renang saat itu. Gaya ini mirip sekali dengan gaya katak berenang yaitu dengan posisi dada menempel di permukaan air.

Jadi inilah sejarah renang yang sejak dulu sudah digunakan oleh bangsa Mesir Kuno. Sejarah tersebut semakin lama semakin berkembang dan saat ini sudah banyak perlombaan renang yang sudah divariasi.

Artikel Terkait;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *