Inilah Sejarah Atletik Yang Sangat Penting Untuk Dipahami

Mengetahui Sejarah Atletik – Pernahkah kamu mendengar tentang istilah atletik? Secara umum atletik merupakan suatu cabang olahraga yang sudah sangat mendunia. Hampir semua negara memiliki beberapa cabang olahraga khusus. Bagi kamu yang belum paham tentang apa itu atletik, kami akan membagi info tentang sejarah atletik secara umum baik di Dunia maupun di Indonesia.

Sejarah dari atletik merupakan suatu cabang olahraga yang memiliki aturan-aturan berbeda dalam setiap permainannya. Untuk tidak salah dalam memahami suatu cabang olahraga, maka dari itu perlu adanya pemahaman yang luas mengenai sejarah atletik tersebut.

Sejarah Atletik Dalam Arti Luas

Sejarah Atletik

Perlu kamu ketahui bahwa sejarah cabang olahraga atau nama umumnya adalah sejarah atletik merupakan suatu istilah yang berasal dari bahasa yunani “Athlon”. Kata tersebut memiliki arti “ berlomba”. Dari kata “Athlon” tersebut lahirlah kata “pentathlon” yang merupakan singkatan dari kata “penta” dan “Athlon” yang berarti “panca lomba”. Dalam istilah tersebut mencakup beberapa perlombaan antara lain lomba lari, lompat, lempar, dan jalan cepat. Dalam istilah kerennya biasa perlombaan atletik tersebut dengan “track and field.

Track and field dalam istilah bahasa Indonesia dimaksudkan dengan adanya suatu perlombaan yang diadakan di suatu lapangan. Perlombaan yang masuk kategori “track and field” antara lain senam, bola basket, sepakbola, voli, tenis meja, tenis, lempar lembing, tolak peluru, lari marathon, dan masih banyak lainnya. Jadi itulah makna luas sejarah dari atletik. Baiklah berikutnya kita akan memahami pengertian dari sejarah atletik di Indonesia.

Sejarah Cabang Olahraga (Atletik) di Indonesia

Sejarah Atletik

Dulunya, tidak banyak warga Indonesia yang mengerti tentang sebuah cabang olahraga. Hanya mereka yang termasuk anggota kemiliteran yang benar-benar tahu sebagaimana cabang olahraga dan peraturannya. Atletik sendiri pertama dikenalkan di Indonesia saat zaman penjajahan Belanda. Mereka mengenalkan organisasi khusus atletik bernama “NIAU” kepada warga Indonesia.

Saat itu, dalam setiap tahunnya semua keanggotaan militer di Indonesia diajak agar ikut berpartisipasi dalam sebuah perlombaan atletik. Dan saat itu atletik menjadi pusat perhatian bagi banyak orang. Karena dinilai organisasi tersebut sangat bagus, akhirnya perlombaan atletik pun sering dilakukan secara rutin dalam setiap tahunnya. Perlombaan yang biasa dilaksanakan pada setiap tahunnya antara lain:

  • Lari estafet
  • Lompat jauh
  • Lompat gala
  • Lempar lembing
  • Tolak peluru
  • Lari gawang
  • Jalan cepat
  • Spint
  • Marathon dan masih banyak lagi.

Itulah sejarah atletik secara umum dan di Indonesia yang perlu kamu ketahui. Pemahaman akan suatu sejarah atletik memang sudah sepatutnya dipahami agar nantinya kamu tidak kebingungan tentang cabang olahraga apa saja yang biasa dilakukan di perlombaan atletik.

Baca juga;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *