Bagaimana Perkembangan Sejarah Batik di Nusantara

Sejarah Batik – Seperti yang kita ketahui batik menjadi ciri khas budaya Indonesia, batik berasal dari dua kata yaitu amba (menggambar atau menulis) dan tik (titik).

Menurut kesepakatan Konvensi Batik Internasional di Jogja pada tahun 1997, batik memiliki arti proses menggambar suatu hiasan pada media apapun dengan alat lilin batik. Lilin batik inilah yang disebut sebagai alat perintang warna.

Perkembangan sejarah batik

Sejarah Batik
Sejarah Batik

Sejarah batik sudah dikenal sejak zaman kesultanan Mataram. Kemudian, di zaman Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta, batik masih tetap populer. Di zaman tersebut, diketahui ada dua jenis batik, yaitu batik Solo dan batik Yogya.

Dulunya, kegiatan membatik dilakukan oleh orang-orang yang berada di kalangan keraton saja. Batik dikenakan oleh raja beserta keluarganya. Akan tetapi, lama kelamaan batik mulai dipakai oleh semua kalangan, termasuk kalangan rakyat biasa. Semua orang bisa mengenakan baju batik mulai dari kalangan ibu rumah tangga ataupun para pekerja. Dulunya, untuk membuat batik digunakan beragam pewarna alami. Misalnya, mengkudu tinggi, soda abu, sofa dan serat kayu.

Mengamati perkembangan batik

Sejarah Batik
Perkembangan Sejarah Batik

Bagi kamu yang ingin mencari tahu mengenai perkembangan batik, kamu bisa mengamatinya di Museum Tekstil, Jakarta Pusat. Di sana, ada beragam barang koleksi batik tempo dulu. Kamu dapat melihat perkembangan motif batik dari tahun di tahun. Kamu akan terkesima dengan desain baju batik yang semakin lama semakin maju dengan desain yang lebih menarik hingga saat ini.

Sekarang ini, batik tidak hanya bisa digunakan untuk acara formal saja. Akan tetapi, semua orang bisa mengenakan pakaian batik untuk berbagai acara entah formal atau santai. Dengan sentuhan para designer handal, batik disulap menjadi pakaian modern yang dipadukan dengan kebaya. Tidak ada lagi kesan kuno pada baju batik modern.

Bahkan, para artis luar negeri Hollywood seperti Jessica Alba, Jackie Chen, Kate Middleton, Nelson Mandela, mereka semua pernah memakai baju batik. Sekarang, saatnya kamu melestarikan budaya Indonesia batik dengan mencintainya dengan mengenakan batik.

Jangan sampai lupa, setiap tanggal 2 Oktober menjadi Hari Batik Nasional. Di hari ini, semua masyarakat memakai batik untuk melakukan beragam aktivitas.

Baca juga;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *