Jokowi: Inilah 3 Pasukan Khusus Hadapi Teroris!

ASIK – Belum tuntas dengan masalah korupsi dan lainnya, Indonesia kali ini di goyang dengan masalah dan isu Teroris. Beberapa ledakan dan aksi yang brutal kembali merenggut korban jiwa. Tidak sungkan-sungkan, satu keluarga dan aparat jadi korbannya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) setuju Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) dihidupkan lagi untuk memberantas terorisme. Koopssusgab merupakan tim gabungan pasukan elite khusus TNI dari matra darat, laut dan udara yang sudah kemampuan antiterornya diakui dunia.

Berikut adalah deretan profil pasukan khusus anti teror TNI:

Denbravo 90

Denbravo 90 merupakan satuan pelaksanaan operasi khusus milik TNI Angkatan Udara (AU) yang personelnya terdiri dari prajurit-prajurit terbaik dari Komando Pasukan Khas (Kopaskhas). Untuk menjadi prajurit Denbravo harus melewati pendidikan yang super keras.

Sleksinya juga wajib ber IQ tinggi, di samping memiliki fisik dan mental kuat. Seperti halnya Denjaka dan Satgultor, latihan Denbravo juga menggunakan peluru tajam. Pasukan Denbravo bisa menguasai tiga matra yakni udara, darat, hingga laut.

Denjaka

Datasemen Jala Mangkara (Denjaka) adalah datasemen khusus TNI Angkatan Laut (AL) yang personelnya gabungan dari pasukan elit terbaik Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Intai Amfibi Korps Marinir. Denjaka dipercaya sebagai salah satu pasukan elit terkuat di dunia.

Kemampuan seorang personel Denjaka setara dengan 100 lebih TNI biasa. Mereka bisa diterjunkan di mana saja dalam kondisi apapun dan memiliki kemampuan operasi intelijen. Tugas pokok Denjaka adalah menangani sabotase, teror dan juga klandestin, sebuah operasi intelijen rahasia.

Satgultor 81

Satuan penanggulangan teror (Satgultor) dihuni prajurit-prajurit TNI Angkatan Darat (AD) terbaik dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Jumlahnya tak dipublikasi, tapi diyakini mereka adalah pasukan silumannya Kopassus yang berbahaya.

Mereka ditempa sangat keras sehingga memiliki kemampuan tinggi, mulai dari tembak jitu, terjun bebas, menjinak bahan peledak. Satgultor ahli dalam bertempur dalam kota, tapi juga bisa menyerang di bawah air, udara dan darat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *