Dulu Digusur Ahok, Kini Anies Bangun Ulang Kampung Akuarium

  • Asikterus.com- Kampung Akuarium, merupakan kampung yang dulu pernah digusur Ahok, kini Anies bangun ulang.

    (Foto: Tribunnews Medan)

    Adanya penggusuran dan pembangunan kembali kampung akuarium itu dilakukan pada era kepemimpinan gubernur yang berbeda. Pemprov DKI yang pada saat itu dipimpin oleh Basuki Tjaja Purnama alias Ahok menggusur Kampung Akuarium. Lalu pada era gubernur Anies Baswedan, Pemprov DKI akan membangun ulang.

    Dulu Digusur Ahok

    Pemprov DKI pada zaman kepemimpinan Ahok telah menggusur Kampung Akuarium tepat pada 11 April 2016 yang lalu. Permukiman warga terpaksa harus digusur karena Ahok ingin membangun sheetpile  tepat di tempat berdirinya bangunan warga yang terletak di samping Pasar Ikan dan Museum Bahari.

    Bagaimana tidak, tanggul juga harus dibangun demi mencegah masuknya air laut. Selain itu, pada proses pengerukan pasca penertiban, Pemprov DKI malah menemukan benteng peninggalan zaman Belanda yang tenggelam di dekat permukiman. Dan Ahok pun ingin merestorasi benteng tersebut.

    “Di sana tuh ada pos penjaga untuk berdiri prajurit, begitu. (Bentuk) yang asli kan masih ada, tetapi ada yang di bawah (tenggelam), termasuk pintu bulatnya. Nah, kita mau balikin,” disampaikan oleh Ahok pada 12 Mei 2016. Penemuan cagar budaya tersebut membuat Ahok justru semakin tidak bisa memenuhi permintaan warga untuk dibangun kampung susun di kampung akuarium pada masa itu.

    Hal tersebut lantaran lahan itu adalah milik Pemprov DKI, Perumda Pasar Jaya. Menurut Ahok, dulunya sebuah pasar berdiri di tanah tersebut. Namun lantas direbut oleh warga untuk kemudian dibangun tempat tinggal.

    Efek dari penggusuran tersebut menyebabkan warga setempat kompak membangun tenda diatas puing-puing bangunan, dikarenakan kampung yang telah rata dengan tanah itu dibiarkan begitu saja.

    Warga berbondong-bondong menggugat Ahok atas dasar pelanggaran HAM karena dinilai tidak manusiawi menggusur tempat pemukiman mereka. Proses gugatan tersebut pun berlanjut sampai pada era kepemimpinan Anies Baswedan.

    Anies Bangun Selter

    Ketika Anies menjabat sebagai Gubernur DKI, ia beberapa kali bertemu langsung dengan warga Kampung Akuarium dan berhasil mencapai beberapa poin kesepakatan. Salah satunya adalah pembangunan selter/ pemukiman sementara untuk warga Kampung Akuarium. Anies berjanji akan segera membangun kembali permukiman yang layak untuk warga. Anies lalu menerbitkan Keputusan Gubernur Nomor 878 Tahun 2018 tentang Gugus Tugas Pelaksanakan Penata.

    Kampung Akuarium Akan Dibangun Tahun Depan

    Setelah melalui berbagai tahapan negosiasi, Pemprov DKI telah memutuskan akan membangun kembali kampung akuarium di tahun 2020. Saat ini, sedang dilakukan pelelangan perencanaan desain guna mengembangkan konsep penataan yang telah diajukan oleh warga Kampung Akuarium.

    “Benar (dibangun pada 2020), jumlahnya 142 unit, tipe 27 meter persegi,” ungkap Triyanto selaku Kepala Bidang Pembangunan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Selasa (8/10/2019).

    Triyanto menjelaskan, Kampung Akuarium ini akan dibangun dengan konsep rumah berlapis yang dibangun secara vertikal selayaknya rumah susun. Namun, Triyanto menambahkan, rumah berlapis tersebut maksimal hanya memiliki empat lantai.
    “Jumlahnya 142 unit dalam bentuk rumah lapis,” kata dia.

    Baca juga: 5 Seleb yang melakukan pemakaman bayi sendiri. 

    Tonton video Hotman Paris Show di Stop KPI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *