Imam Nahrawi, Menpora Kedua Yang Terjerat Kasus Korupsi KONI?

Asikterus.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi, merupakan sosok kedua yang tampaknya terjerat oleh kasus korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).  Seusai ditetapkannya status tersangka atas kasus suap pemberian dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pada Rabu (18/9). Sebelumnya, dikabarkan sejumlah pejabat Kemenpora juga telah divonis oleh Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi pada Kamis lalu (12/9).

(Foto: stv.co.id)

Atas penetapan status Imam Nahrawi sebagai tersangka lantas kemudian menambah daftar Menpora yang masuk dalam jeratan KPK. Sebelum pada Desember 2012, mantan Menpora RI Andi Mallarangeng juga diketahui pernah ditetapkan sebagai tersangka korupsi atas kasus pengadaan sarana dan prasarana kompleks olahraga di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Andi Mallarangeng sendiri pada masa itu harus menjalani tiga kali pemeriksaan setelah ditetapkan sebagai tersangka. Andi kemudian ditahan oleh KPK pada tanggal 17 Oktober 2013 seusai menjalani pemeriksaan yang ketiga kalinya selama lebih kurang enam jam lamanya.

Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menilai bahwa Andi telah terbukti melakukan tindakan korupsi terkait proyek pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan, Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang seperti yang disampaikan pada dakwaan alternatif kedua. Ia kemudian dijatuhkan vonis hukuman selama empat tahun penjara dan denda sebesar Rp200 juta subsider dua bulan penjara. Vonis tersebut rupanya lebih ringan dari tuntutan JPU  (Jaksa Penuntut Umum) yang sebelumnya menyampaikan tuntutan 10 tahun penjara.

(Foto: voaindonesia.com. AP)

Andi dianggap telah melakukan kelalaian dengan membiarkan Sekretaris Menpora, Wafid Muharram melampaui wewenang menteri dalam penetapan pemenang lelang atas pengadaan barang atau jasa dengan nilai di atas Rp50 miliar.

Wafid Muharram sendiri juga telah divonis selama tiga tahun penjara ditambah dengan denda Rp150 juta subsider tiga bulan kurungan oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor pada April 2012 lalu.

Ada apakah dengan Menpora? Lantas apakah Imam Nahrawi kali ini juga akan divonis hukuman oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *