Ikan Fugu, Nikmat Tapi Mematikan Seperti Sianida!

Meski berbahaya dan dapat mengancam nyawa, fakta menarik -nya makanan ini laris manis dan dibanderol selangit. Orang setempat menyebutnya ikan FUGU. Fugu merupakan salah satu ikan yang dianggap paling beracun didunia, akan tetapi tidak meredupkan kepopulerannya dinegara tetangga.

Buktinya ikan ini lumayan laris dipasaran. Ikan ini dapat menyebabkan muntah dan kesulitan bernapas bagi yang menyantapnya. Di Indonesia, ikan ini sering disebut juga sebagai ikan buntal atau Blowfish dan Fugu jika dalam bahasa Jepang.

Hati, Ovarium dan kulit pada ikan ini memiliki kandungan tetrodoxin, yang 100 kali lebih mematikan dari sianida. Akan tetapi, menurut orang di Jepang memakan ikan ini adalah bagian dari sebuah tradisi dan diyakini memiliki citarasa serta tekstur yang lezat.

Koki atau chef yang ingin mengolah ikan ini sebelumnya harus berlatih selama dua tahun, serta harus melawati beberapa tes yang amat sulit. Tak jarang banyak yang gagal saat menjalani tes ini.

Untuk memasak ikan ini pun sang koki harus handal dan telah memiliki sertifikat khusus. Karena jika salah dalam pengolahannya bisa berakibat fatal. Meski dianggap berbahaya dan mengancam nyawa, harga ikan ini pun dapat mencapai jutaan rupiah.

Menurut dari beberapa informasi yang telah kami dapatkan, ikan ini mulai dibanderol dengan harga sekitar 250 Dolar AS, atau setara dengan Rp3 juta rupiah perkilonya. Nah, harga yang fantastis bukan untuk sebuah makanan beracun serta mematikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *