Demo Hongkong dan Demo Mahasiswa Indonesia punya kemiripan!

Asikterus.com- Demo di Hongkong semakin memanas menjelang HUT RRC ke 70. Demo ini memiliki beberapa kemiripan dengan Demo Mahasiswa di Indonesia. 

Setelah berlangsung selama 13 pekan, aksi demo terjadi di Hongkong kini tak juga mereda. Bahkan, kondisi demo di Hongkong semakin memanas menjelang perayaan HUT 70 tahun Republik Rakyat China yang jatuh pada 1 Oktober 2019.

Para massa yang pro demokrasi bahkan tak hanya turun ke jalan pada akhir pekan lalu. Mereka juga bertindak anarkis dengan merusak simbol tanda otoritas negara RRC sebagai aksi dari bentuk protes atas kekhawatiran bahwa Beijing akan mengebiri kebebasan di Hongkong.


(Foto: liputan6.com AP: Kin Cheung)

Tak hanya merusak, menurut informasi yang telah beredar sebelumnya di sosial media via Twitter, seorang jurnalis  Indonesia bernama Veby Mega juga terkena tembakan peluru karet nyasar saat sedang melakukan liputan demo di Hongkong, Wan Chai District  pada hari Minggu (29/9/2019). Informasi ini pun telah dikonfirmasi oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah.

(Foto: twitter @yukisuet1)

Meskipun Indonesia dan Hongkong memiliki karakteristik negara yang cukup berbeda, namun ada beberapa kemiripan yang ditemukan antara aksi demo yang terjadi belakangan ini, misalnya saja seperti beberapa hal di bawah ini;

1. Demo Dipicu oleh Status Hukum

Situasi panas demo Hongkong ini awalnya disebabkan oleh munculnya undang-undang yang akan memungkinkan terjadinya ekstradisi penduduk wilayah itu ke bagian China daratan.

Undang-undang tersebut dinamakan The Fugitive Offenders and Mutual Legal Assistance in Criminal Matters Legislation (Amendment) Bill 2019.


(Foto: celebestopnews)

Peraturan hukum itu memungkinkan si pelanggar hukum untuk dikirim ke China guna menjalani proses peradilan. Sedangkan mereka menganggap bahwa peradilan di negara RRC tidak bersih dan kerap berujung pada pidana hukuman yang berat.

Masyarakat Hongkong juga menilai RUU (rancangan undang-undang) itu sebagai wujud dari adanya pelunturan terhadap nilai-nilai independensi wilayah otonom eks-koloni Inggris tersebut.

Sementara itu di Indonesia sendiri, demo mahasiswa terus berlangsung di berbagai daerah sejak Senin 23 September 2019. Hal ini menyebabkan para pelajar SMP dan SMA juga dilaporkan karena telah turut berpartisipasi dalam gelombang demo terbaru pada Rabu 25 September 2019.

Tuntutan para mahasiswa sama, yakni menolak pengesahan beberapa RUU atau rancangan undang-undang yang dianggap kontroversial, seperti RKUHP, pembatalan UU KPK, RUU Pertanahan, RUU Pemasyarakatan, UU SDA, RUU Pertambangan-Minerba, RUU Ketenagakerjaan, RUU PKS dan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga.

2. Partisipasi Demo Mahasiswa dan Para Pelajar

Baik aksi demo Hongkong maupun di Indonesia keduanya diikuti oleh mahasiswa serta pelajar. Di Honghong, mereka membentuk rantai manusia di jalan-jalan kota. Aksi damai itu dilakukan untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap rekan-rekan massa pro-demokrasi di Hongkong.

Beberapa sekolah bahkan melaksanakan demo mahasiswa dan pelajar itu secara rutin, dilakukan setiap pagi sebelum kelas atau sore hari selepas sekolah.

(Foto: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Sama halnya seperti di Hongkong, rangkaian demo mahasiswa di Indonesia pada pekan ini juga dilakukan oleh gerakan mahasiswa seluruh Indonesia yang kemudian, pada 25 September, pelajar SMP dan SMA diketahui mencontoh tindakan yang dilakukan oleh para mahasiswa.

3. Demo Mahasiswa Berujung Bentrok

Baik di Hongkong maupun demo mahasiswa di Indonesia, keduanya berujung bentrokan. Bahkan polisi dan para aparat keamanan yang dikerahkan ke jalanan juga menembakkan air hingga gas air mata ketika para demonstran mencoba merusak fasilitas publik serta memblokir lalu lintas.

Kejadian bentrokan antara peserta demo dan aparat di Indonesia terjadi di sejumlah lokasi, Makassar, Malang, Jakarta, dan lainnya.

(Foto: liputan6.com/Zainul Arifin)

Itulah beberapa kemiripan antara demo Hongkong dengan demo mahasiswa di Indonesia yang masih terus berlangsung.

Video Detik-detik kekerasan terhadap demo mahasiswa

Baca Juga: Penampakan Seram di Istana Kepresidenan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *