Hebat!! Biji Alpukat dan Kulit Udang Diolah Jadi Bioplastik

Fakta Unik – Sampah kulit udang dan juga sampah biji alpukat, saat ini dapat dimanfaatkan agar tidak terbuang sia-sia. Karena limbah makanan yang biasanya berakhir ditempat pembungan sampah ini, dapat diolah kembali menjadi bioplastik.

Hasil olahan yang berupa plastik ini, dapat menggantikan plastik berbahan kimia yang biasa kita gunakan. Kelebihan dari plastik ramah lingkungan ini, tentu saja tidak akan mencemari lingkungan seperti plastik berbahan kimia.

Penemuan yang sangat brilian ini, merupakan hasil penelitian dan kerja keras para mahasiswa, dari Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Surabaya. Nurlailiatul Machmudah selaku ketua tim peneliti mengatakan, dia bersama timnya yang juga mahasiswa, berhasil membuat inovasi yang hebat. Mereka sukses mengolah biji alpukat dan juga kulit udang, menjadi plastik yang ramah terhadap lingkungan.

Fakta Unik: Bioplastik Mbah Kilat Dibuat Dari Limbah

1 Biji Alpukat dan Kulit Udang Diolah Jadi Bioplastik

Ketua tim peneliti dari Unair ini menjelaskan, sekarang ini sudah banyak ditemukan beragam jenis plastik biodegradable. Diantaranya adalah, poli asam laktat (PLA), poli butilen suksinat (PBS), poli e-kaprolakton (PCL), dan polihidroksi alkanoat (PHA). Tapi diantara jenis-jenis plastik biodegradable, mayoritas dibuat dengan bahan yang tidak hemat energi dan tidak dapat diperbaharui.

Bioplastik yang dihasilkan dari sintesis tersebut, mereka menyebutnya Bioplastik Mbah Kilat (limbah kulit udang dan biji alpukat). Dapat disimpulkan, bahwa, plastik ramah lingkungan ini dibuat dengan bahan dasar kulit udang serta biji alpukat.

Pada biji dari buah alpukat sendiri, banyak mengandung pati yang bisa digunakan sebagai bahan dasar plastik. Kandungan pati di dalam biji alpukat, nantinya dapat membuat plastik mudah dihancurkan oleh mikro organisme.

Sementara itu, pada sampah kulit udang banyak mengandung kitin, zat ini kemudian akan ditransformasikan menjadi kitosan. Zat tersebut yang akan berguna untuk menguatkan karakter polimer pada bioplastik Mbah Kilat. Tapi perlu ditambahkan lagi dengan zat pemlastis, yang berguna untuk membuat karakter plasitk jadi lebih sempurna.

2 Biji Alpukat dan Kulit Udang Diolah Jadi Bioplastik

Fakta Unik Lainnya:

Fakta unik penelitian yang dilakukan oleh Nurlailiatul Machmudah, dan dibantu oleh 4 orang mahasiswa lainnya Adi Rachmadji, Tri Susanti, Dimas Noor Asyari, dan Fitria Pebriani ini. Telah dimasukan ke dalam proposal Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE), dan telah diseleksi oleh Dikti. Proposal Bioplastik dari biji alpukat dan kulit udang ini, dinyatakan lolos dan akan mendapat bantuan dana penelitian dari program PKM Kemenristekdikti 2016-2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *